Wednesday 18 November 2015

Cara Blokir Situs di Komputer

Cara Blokir Situs Tertentu di Komputer - Pemblokiran ini berguna untuk mencegah pengguna membuka website tertentu terutama website yang belum diblokir oleh pemerintah ataupun operator. Cara pengaturan seperti ini sangat berguna untuk mencegah pengguna terutama anak-anak supaya terhindar dari konten-konten yang tidak baik. Cara pengaturan ini bekerja pada komputer yang tidak tersambung ke server lokal contohnya seperti komputer yang ada di rumah yang terhubung ke internetnya melalui modem ataupun ADSL.

Cara Memblokir Website Agar Tidak Bisa Dibuka


Caranya agar bisa memblokir situs-situs yang kita inginkan bekerja di setiap browser, cara pengaturan ini adalah kita merubah file hosts yang dimana merupakan file tanpa ekstensi namun bisa dibaca dengan menggunakan notepad sebagai file teks. File host berada di partisi C:\Windows\System32\drivers\etc atau ada di %Windir%\System32\drivers\etc.

Langkah langkah Memblokir Situs di Komputer


1. Klik start masuk ke kotak search ketik Notepad, kemudian akan muncul beberapa file lalu pilihlah file Notepad itu sendiri dengan cara klik kanan mouse keyboard lalu pilih Run as administrator.

2. Klik menu File lalu Open. Setelah jendela dari Open file terbuka, isi dengan tulisan berikut ini C:\Windows\System32\drivers\etc pada kolom File name dengan tipe All files (*.*) setelah itu klik Open. Selanjutnya pilih file 'hosts' kemudian klik Open.

3. Setelah dibuka akan terlihat file berupa teks, disitu terlihat secara dafault, localhost mengarah ke IP Address 127.0.0.1 yang dimana itu adalah localhost itu sendiri. Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengarahkan website yang kita ingin blokir itu ke IP address tersebut supaya tidak bisa dibuka. Contoh website yang akan kita blokir adalah website www.twitter.com maka cara memblokir situs tersebut adalah tuliskan kode seperti ini :
127.0.0.1 twitter.com
127.0.0.1 www.twitter.com

Cara Blokir Situs Tertentu di Komputer
klik gambar untuk memperjelas
 

Sesudah penambahan website apa saja yang ingin kita block selesai, klik save kemudian coba buka website yang tadi sudah kita atur agar tidak bisa dibuka dan kemudian lihat hasilnya.

Penjelasan sedikit, 127.0.0.1 adalah localhost atau host lokal dan pada saat kita mencoba membuka website yang sudah kita blokir tersebut kita akan diarahkan ke localhost tersebut. Ini artinya kita tidak memiliki akses untuk membuka alamat website yang telah diarahkan ke lokal host tersebut. Anda juga bisa menambahkan sesuka hati website mana saja yang ingin anda blokir supaya tidak bisa dibuka atau diakses.

Semoga artikel cara blokir situs di komputer ini bermanfaat, jangan lupa baca juga artikel lainnya di blog ini siapa tau ada yang berguna.

No comments:

Post a Comment