Sunday 1 November 2015

Cara mengembalikan file yang terhapus / hilang di flashdisk

Cara mengembalikan file yang terhapus / hilang di flashdisk


Cara mengembalikan file yang terhapus / hilang di flashdisk

Virus memang sangat mengesalkan sampai-sampai membuat file atau data-data yang tersimpan menjadi terhapus dan juga menurunkan kemampuan dari komputer itu sendiri. Apalagi kalau data atau file itu sangat penting bagi kita secara tiba-tiba dihapus oleh virus yang menyebalkan tersebut, tapi tenang jangan sedih kali ini tiniposkomputer akan memberikan cara mengembalikan file yang hilang / terhapus di flashdisk, komputer, bahkan memory SD card, yang ada di hp android anda.
Begini langkah-langkah kali ini bisa diterapkan kepada semua media penyimpanan tapi dengan suatu syarat yaitu kita harus memakai komputer sebagai medianya. Pertanyaan kenapa harus memakai komputer buat mengembalikan data atau file yang hilang atau terhapus? Jawabannya karena kita harus menggunakan fitur dari windows, fitur apakah itu? Jawabanya Command Prompt.

Cara Cek file Flasdisk Yang Hilang / Terhapus

Ini dia cara awal buat mengetahui apakah data atau file yang ada di flashdisk hilang atau terhapus dikarenakan oleh virus atau dikarenakan bukan dari virus? Ikuti caranya berikut dibawah ini.
* Pijit tombol Windows yang ada di keyboard kemudian pijit tombol E secara bersamaan.
* Selanjutnya click drive dimana tempat flashdisk itu berada, apabila sudah di click hasilnya putih semua alias tidak ada data atau file sama sekali, balik lagi ke drive tempat flashdisk lalu click kanan kemudian pilih yang properties.
* Perhatikan di tab properties kalau used spaces-nya tidak menunjukkan angka 0 itu artinya file atau data yang ada didalam flashdisk dihapus atau dihilangkan oleh si virus.

Cara Mengembalikan File Yang Hilang atau Terhapus Dengan Cara Membuka Folder Yang Tersembunyi

Langkah yang pertama ini adalah cuma buat mengecek saja apakah data atau file yang berada di media penyimpanan atau di flashdisk dalam hal ini termasuk data atau file yang hidden (disembunyikan) oleh si system. Begini cara mengeceknya ikutilah langkah demi langkah berikut dibawah ini :
* Pijit tombol Windows yang ada di keyboard kemudian pijit tombol E secara bersamaan (windows + e).
* Click tab Organize lihat posisinya ada di pojok sebelah kiri bagian atas, setelah sudah ketemu, pilihlah Folder and Search Optionts.
* Click tab View >> kemudian cari dan click [Hidden files and folders] >> selanjutnya pilihlah [Show Hidden Files], [Folders and Drives].
* Click Apply terakhir click Ok.

Lalu perhatikan data-data atau files yang ada di SD card atau Flashdisk anda apakah disana file atau data yang tersimpan masih belum muncul atau sudah muncul, kalau belum muncul itu artinya kita harus memakai yang namanya Command Prompt buat mengembalikan data-data atau files yang hilang atau terhapus yang disebabkan oleh virus menyebalkan tersebut.

Cara Mengembalikan File Yang Hilang / Terhapus Dengan Memakai Command Prompt :

* Click Start lalu ke kotak search, lalu ketikan cmd kemudian click enter.
* Sesudah tab command prompt (cmd) muncul, lalu ketikan CD berulang kali sampai muncul tanda C:>.
* Ketikan nama alamat drive ( tempat flasdisk anda tersimpan ), misalkan alamat drivenya H:> jadi letakan kode H:> tersebut setelah kode C:> lihat contohnya seperti ini : C:> H: jika pengetikannya benar maka akan berubah jadi H:>.
* Sesudah berubah menjadi H:>, lalu ketikan ATTRIB *.* -S -H -R /S /D kemudian pijit enter.
* Horay, data-data atau files anda kembali muncul setelah disembunyikannya oleh virus usil tersebut.

Penjelasan tentang ATTRIB *.* -S -H -R /S /D
attrib adalah suatu perintah didalam bahasa dos, hal ini buat memberikan attribut kepada suatu folder atau file.
-s adalah tanda minus (-) yang artinya menghilangkan atau menghapus. Dan sedangkan huruf yang S adalah file system, maksudnya dari tanda -s itu adalah buat menghapus atau menghilangkan attribut protected system operating.
-h adalah fungsinya buat mengubah file yang pada mulanya tersembunyi menjadi terlihat kembali atau menghapus / menghilangkan attribut hidden.
*.* adalah tanda bintang (*) artinya semuanya, semua folder atau file yang memiliki semua ekstensi.
/s adalah mengolah semua file yang ada di folder yang sama dengan lokasi file.bat serta semua subfolder-subfolder yang ada didalamnya.
/d adalah memberikan sebuah perintah buat memproses folder, maksudnya kalau kita tidak mengetikan perintah yang satu ini maka cuma memproses semua files-nya saja tanpa memproses foldernya juga.

Bagaimana gampang untuk dipraktekan bukan? jadi anda tidak usah galau-galau lagi kalau file atau data-data di flashdisk maupun di SDcard anda hilang. Oke, segitu saja info yang bisa saya bagi tentang cara mengembalikan file yang hilang / terhapus di flashdisk. Semoga bermanfaat. Baca juga cara agar flashdisk tidak terkena virus.

No comments:

Post a Comment