Tuesday 10 November 2015

Cara Mengetes Antivirus Apakah Bagus atau Tidak

Cara mengetes antivirus yang bagus - Hari ini saya mau berbagi informasi yang menarik yaitu tentang cara menguji antivirus apakah bagus atau tidak hanya dengan menggunakan file virus buatan sendiri sederhana yang tidak berbahaya. Anda tidak perlu khawatir karena cara mengetes antivirus ini sudah teruji dan tidak membahayakan.

File antivirus ini tidak berbahaya walaupun tidak terdeksi oleh Antivirus anda sekalipun, tidak akan merusak atau menginfeksi files windows atau files penting lainnya. Karena tujuan dari file ini hanya mengetes saja apakah Antivirus yang anda gunakan aktif atau tidak, bekerja dengan baik atau tidak. Anda bisa membuat file ini hanya dengan menggunakan aplikasi notepad. Tes virus ini dibuat oleh EICAR (European Institute for Computer Anti Virus Research) sebuah komunitas resmi yang punya situs resmi yaitu eicar.org

 

Cara Tes Antivirus Apakah Bekerja Dengan Baik atau Tidak


1. Buka aplikasi Notepad anda caranya klik Start » All Program » Acessories » Notepad
2. Setelah Notepad anda buka, salin kode berikut ini ke notepad anda: X5O !P %@ AP[4 \PZX54(P ^ )7CC) 7 }$ EICAR -STANDARD - ANTIVIRUS -TEST- FILE !$ H +H *
3. Setelah kode itu di tempel selanjutnya beri nama file tersebut dengan nama Eicar.com dan ganti format filenya menjadi All Files
4. Setelah ganti format menjadi all file pilih tempat dimana anda akan menyimpan file tersebut
5. Setelah file disimpan harusnya jika software antivirus yang anda gunakan itu kuat, sudah bisa mendeteksi file ini, tandanya dengan menampilkan sebuah pesan atau peringatan bahwa virus buatan tersebut telah dihapus, dibersihkan, diblokir atau di karantinakan, atau ditanya teelebih dahulu aksi apa yang akan dilakukan oleh anda, cara ceknya buka Windows Explorer dengan cara klik Start » Computer atau bisa juga pijit tombol logo Windows+E kemudian buka file tempat anda menyimpan file virus buatan tersebut, buka akses file yang tadi dibuat kemudian klik dua kali.

Kalau pada saat di tes, muncul catatan seperti gambar dibawah sebelum membuka Internet Explorer.


cara menguji komputer dari hal yang tidak diinginkan

Hal itu menandakan bahwa Antivirus yang digunakan cukup bagus, pendeteksian dininya juga bagus karena langsung mendeteksi ada sesuatu yang 'ganjil'. Ini gambar antivirus yang di ujicobakan dengan automatic update setiap harinya.

cara mencoba virus komputer


6. Mungkin Antivirus yang anda gunakan beda dengan antivirus yang sudah di telah ujicoba, tetapi pada intinya Antivirus ituuntuk  melindungi sistem. Jika Antivirus anda tidak muncul peringatan coba scan file buatan tersebut dengan antivirus yang anda punya, mungkin Antivirus yang anda pakai tidak memiliki fitur realtime proteksi. Kalau masih belum terdeteksi juga oleh Antivirus yang anda gunakan mungkin Antivirus anda rusak atau karena tidak di update.

Sekian artikel menarik cara menguji Antivirus yang bagus ini dibuat. Kalau anda mau menghapus file buatan tadi, tinggal dihapus saja seperti anda menghapus file biasa.

No comments:

Post a Comment