Monday 23 November 2015

Cara Merawat Monitor Led dan Lcd

Tips Merawat Monitor Led dan Lcd Komputer - Tips ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk monitor televisi. Monitor Led maupun Lcd sekarang banyak digunakan menggantikan monitor Crt yang lebih dulu banyak dipakai pada zamannya. Hadirnya monitor Led dan Lcd telah mengganti kepopuleran monitor Crt, hal ini sudah tentu dikarenakan monitor layar datar memiliki keunggulan yang lebih jika dibandingkan dengan monitor Crt. Desainnya yang lebih gaya, dan tidak banyak memakan tempat adalah keunggulan utama dari layar berjenis datar ini. Serta monitor Led dan Lcd juga lebih sedikit mengkonsumsi sumber daya listrik jika dibandingkan dengan layar Crt.

Supaya penggunaan layar monitor Led atau Lcd lebih awet, pastinya kita harus merawatnya secara berkala. Dan hal tersebut juga berdampak untuk kenyamanan pada saat digunakan nantinya. Karena prinsipnya barang apapun kalau tidak dirawat akan cepat usang dan juga kadang kurang sedap untuk dipandang.

Merawat monitor layar Led atau Lcd itu sebenarnya mudah saja, asalkan kita telaten dan memperlakukannya dengan baik. Perawan juga bentuk dari penghematan karena lebih baik merawat daripada membeli yang baru. Kecuali memang barang tersebut benar-benar sudah tidak bisa digunakan lagi.

Cara Merawat Monitor Led dan Monitor Lcd




cara merawat monitor lcd, led, komputer tv

Langkah-langkah perawatan, berikut adalah tips yang pastinya mudah untuk dilakukan serta tidak memerlukan keahlian yang khusus untuk melakukannya :

Pasang Screen Protector

Lapisan pelindung atau Screen Protector adalah pelindung layar dari goresan dan debu yang mungkin diakibatkan karena pada saat pemakaian. Screen Protector ini biasanya menggunakan plastik yang dibuat secara khusus untuk melindungi layar monitor dari hal yang tidak diinginkan. Screen Protector bisa dibeli di toko aksesoris komputer atau kalau kesulitan menemukannya di dunia nyata yang sempit itu, beli saja di dunia internet. Baca » tips agar belanja online uang anda aman tidak ditipu oleh pedagang gadungan yang suka makan uang haram.

Cabut Kabelnya Jikat Monitor Tidak Digunakan

Kalau kita tidak menggunakan monitor kabelnya sebaiknya dicabut, selain untuk menghemat listrik hal itu juga dapat 'mengistirahatkan' power supply yang bekerja secara terus menerus. Pastinya mempengaruhi juga terhadap masa pakai monitor hingga lebih awet dan tahan lama.

Bersihkan Secara Berkala

Membersihkan layar monitor Led atau Lcd bisa kita gunakan dengan kemoceng, lakukanlah secara hati-hati karena bagian panel display sangat sensitif, untuk membersihkan bagian panel display gunakan tisu basah, bersihkanlah dengan cara mengusapnya secara perlahan sampai debu menempel terangkat ke tisu basah tersebut. Cara lainnya yang sedikit merepotkan karena harus beli terlebih dahulu adalah yaitu menggunakan Screen Cleaner. Pembersih Screen atau layar tersebut dibuat secara khusus untuk membersihkan layar monitor. Screen Cleaner bisa anda beli di toko aksesoris komputer.

Jangan Dekat-Dekat Dengan Sumber Panas

Sumber panas baik sedikit maupun banyak bisa juga mempengaruhi monitor Led dan Lcd. Maka dari itu jauhkan monitor dari benda panas seperti lampu bohlam, kompor yang sedang menyala, serta benda-benda lainnya yang menghasilkan aura panas.

Jangan Dekat-Dekat Dengan Medan Magnet


Magnet elektomagnetik maupun magnet biasa, bisa mempengaruhi matrik dari monitor Led dan Lcd serta komponen lainnya. Oleh karena itu monitor jangan dekat-dekat dengan benda-benda yang didalamnya ada magnet dan medan elektromagnetik yang sangat kuat.

Hindari Dari Kelembaban dan Air

Jauhkan monitor dari kelembaban, uap air dan air, apalagi ketumpahan air. Kelembaban yang  sangat tinggi dapat mempengaruhi monitor dan walau air dalam jumlah sedikit saja hal ini bisa mempengaruhi bagian dari elekronik monitor itu sendiri. Tidak percaya? silahkan dicoba, kalau langsung rusak jangan salahkan saya ya.

Oke, perawatan dan penggunaan yang baik tentu saja membuat barang apapun itu menjadi lebih awet dan tahan lama. Semoga artikel cara merawat layar monitor led dan lcd ini bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, siapa tau ada yang berguna lainnya.

No comments:

Post a Comment